Senin, 29 Mei 2017

Kumpulan Games Alkitab


Tetapi YESUS memanggil mereka dan berkata: Biarkanlah anak-anak itu datang kepada-Ku, dan jangan kamu menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya KERAJAAN ALLAH”.
Lukas 18:16

“SELAMAT MELAYANI
TUHAN YESUS MEMBERKATI”

  1. RENCANA TUHAN
o   Thema                   : Rencana Tuhan
o   Nats Alkitab          : Yeremia 29:11-14
o   Persiapan               : Peserta Anak-anak, Kertas Selembar, Pulpen 1 buah
o   Games                   : Bagi Anak-anak beberapa kelompok, Kemudian suruh setiap kelompok untuk menuliskan sesuatu rencana apa yang mereka lakukan kepada kelompok lain, lalu (Rahasia) setelah selesai kumpulkan kertas itu dan masing-masing kelompok melakukan sendiri apa yang mereka tulis barusan.
o   Renungan              : Rencana Tuhan Itu Bukan seperti Rencana Manusia
o   Ayat Hafalan        : Yeremia 29:11
o   Nyanyi dan Doa    : Smua baik
  1. Aku Mengasihimu
o   Thema                   : Aku Mengasihimu
o   Nats Alkitab          : Wahyu 3:20
o   Persiapan               : Peserta Anak-anak
o   Games                   : Semua anggota berdiri membentuk lingkaran, pada masing-masing tempat anggota berdiri diberi tanda (dengan kapur atau bisa menggunakan tas/buku) untuk menandakan tempat/rumah dari orang tersebut. Satu orang berdiri di tengah, satu orang ini yang tidak punya rumah, dan orang di tengah ini yang akan memulai permainan.
Caranya adalah orang yang di tengah akan mendatangi salah satu dari temannya kemudian menanyakan \"APAKAH KAMU MENGASIHIKU?\" Bila jawabannya "IYA" Maka SEMUA anggota harus berpindah tempat/rumah ke tempat yang lainnya, begitu juga yang ditengah harus segera mencari rumah/tempat yang kosong untuk di tempati. Hingga nanti akan ada satu orang yang tidak kebagian rumah/tempat, dan orang ini yang akan melanjutkan permainan lagi dengan mencari teman yang lain dan menanyakan "APAKAH KAMU MENGASIHIKU?" Bila jawabannya "TIDAK" Maka orang yang di tengah harus mengajukan pertanyaan lagi "LALU SIAPA ORANG YANG KAMU KASIHI?\". Kemudian orang yang di tanya ini harus menjawab dengan ciri-ciri orang yang dikasihinya. Misal "AKU MENGASIHI ORANG YANG PAKAI KACA MATA\", maka semua orang yang menggunakan kaca mata harus pindah rumah (yang tidak pakai kaca mata tetap diam di rumahnya masing2), begitu juga orang yang di tengah harus segera menempati begitu ada rumah yang kosong, sampai akhirnya akan ada satu orang yang tidak kebagian rumah, dan orang ini akan memulai permainan lagi.
o   Renungan              : Barang siapa yang membuka hatinya kepada Tuhan maka Tuhan akan berkarya dalam hidupnya.
o   Ayat Hafalan        : Wahyu 3:20
o   Nyanyi dan Doa    : Aku Mengasihi Engkau Tuhan

3.      Aku Sudah Berubah

o   Thema                   : Aku Sudah Berubah

o   Nats Alkitab          : Roma 12:2

o   Persiapan               : Peserta Anak-anak

o   Games                   : Satu kelompok ada 2 orang, Setelah itu, mereka saling membelakangi (beradu punggung). Pada saat itu, setiap orang berusaha mengubah aksesoris yang dikenakannya. Misalnya, mencopot salah satu anting, memindahkan jam tangan dari kanan ke kiri, menggulung lengan pakaian, mengancingkan kancing baju teratas , mengubah gaya sisiran rambut dsb.
Setelah itu, setiap pasangan berbalik lagi untuk menebak perubahan apa yang sudah dilakukan oleh pasangannya.

o   Renungan              : jelaskan bahwa setelah mengenal Kristus kita harus mengalami perubahan hidup. Dan perubahan itu harus nampak dan dilihat oleh orang lain.

o   Ayat hafalan         : Roma 12:2

o   Nyanyi dan Doa    : Skarang kuberubah

 

4.      Rebutlah Hidup yang Kekal

o   Thema                   : Rebutlah Hidup yang Kekal

o   Nats Alkitab          : 1 Timotius 6:12

o   Persiapan               : Peserta Anak-anak

o   Games                   : Buat beberapa kelompok dan adakan suatu pertandingan.

o   Renungan              : Kita bertanding di dalam Iman dan kebenaran dan milikilah hidup yang kekal.

o   Ayat Hafalan        : 1 Timotius 6:12

o   Nyanyi dan Doa    : Cari lagu yang bersyair pada hidup yang kekal.

  1. Bahtera Nuh
o   Thema                   : Bahtera Nuh
o   Nats Alkitab          : Kejadian 7:1-24
o   Persiapan               : Peserta Anak-anak, Kertas Koran, gunting
o   Games                   : Buat beberapa kelompok yang terdiri dari 5-7 orang disetiap kelompok. Setiap kelompok berdiri di selembar kertas koran. Pemimpin permainan bercerita bahwa kita sedang berada di atas kapal dan terjadi badai. Kakak-kakak yang lain mulai merobek sedikit demi sedikit kertas koran. Setiap kelompok harus menjaga kebersamaan kelompok agar kaki mereka tidak keluar dari kertas koran. Karena ukuran koran semakin kecil dengan dirobek sedikit demi sedikit, setiap kelompok bisa mengangkat kaki satu atau saling mengendong agar tidak keluar dari koran. Kelompok yang paling rapih dan kompak yang akan keluar sebagai pemenangnya.
o   Renungan              : Hiduplah Takut akan Tuhan
o   Ayat Hafalan        : Amsal 1:7
o   Nyanyi dan Doa    : Cari lagu yang tahu anak-anak tentang Bahtera Nu

6.      Gembala dan Domba-domba-Nya

o   Thema                   : Gembala dan Domba-domba-Nya

o   Nats Alkitab          : Yohanes 10:1-21

o   Persiapan               : Sapu tangan, Peserta anak-anak.

o   Games                   : Seseorang dari antara peserta dipilih (atau siapa saja yang rela) untuk menjadi gembala dan kemudian diminta maju ke depan. Lalu matanya ditutup dengan sapu tangan. Semua peserta yang lain diumpamakan dengan domba dan mereka berjongkok di tempat yang berbeda-beda tetapi jangan terlalu berjauhan. Pada waktu pemimpin permainan memberi aba-aba kepada gembala untuk mencari domba-dombanya, ia harus meraba-raba setiap domba. Domba yang tersentuh harus mengembik, tetapi suaranya boleh dibuat-buat sehingga gembala tidak dapat menebak suaranya. Tugas seorang gembala ialah berusaha mengenali suara itu. Bila ia tidak dapat menyebutkan nama domba tersebut, ia harus mencari lagi domba-domba yang lain sampai ia dapat menyebutkan dengan benar nama domba yang disentuhnya. Orang yang berhasil disebutkan namanya, harus menjadi gembala untuk menggantikannya.

o   Renungan              : Mengingatkan kita bahwa gembala yang baik mengenal domba-domba-Nya. Seperti halnya Tuhan Yesus, Gembala kita yang baik, mengenal kita, domba-domba-Nya

o   Ayat hafalan         : Yohanes 10:14

o   Nyanyi dan Doa    : Gembala Manis

7.      Lomba Alkitab

o   Thema                   : Semua Dari Tuhan

o   Nats Alkitab          : Filipi 4:19

o   Persiapan               : Alkitab, peserta anak-anak.

o   Games                   : Bagi orang menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok bisa terdiri dari 2 orang atau lebih. Siapkan ayat-ayat dari alkitab, dan ambil satu kata dari ayat tersebut saja, kemudian kelompok harus berlomba mencari ayat tersebut. Contoh : Kisah para rasul 11:16, kata ke-10 dari depan Jawabannya adalah = Air, Matius 2:11, kata ke-4 dari belakang jawabannya adalah emas, Mazmur 13:6, kata ke-9 dari belakang jawabannya adalah menyanyi. Selanjutnya Anda bisa memodifikasi permainan ini, misal mereka tidak hanya menyebut kan kata saja, tapi harus mencari barang yang disebutkan (misal air berarti mereka harus mengambil air, misal emas berarti mereka harus mencari emas dan ditunjukan ke ice breaker), atau misal kata dicari berupa kata kerja maka mereka harus mempraktekan kata tersebut (misal menyanyi, maka mereka harus bernyanyi).

o   Renungan              : Semua yang kita miliki adalah dari Allah.

o   Ayat Hafalan        : Filipi 4:19

o   Nyanyi dan Doa    : Pilih lagu yang tahu anak-anak tentang keperluan.

8.      Tak ada yang Ketinggalan

o   Thema                   : Tak ada yang Ketinggalan

o   Nats Alkitab          : Yesaya 34:16

o   Persiapan               : Alkitab, Pulpen, Selembar kertas.

o   Games                   : Suruh anak-anak menuliskan seberapa banyak yang di dapatkan nama-nama binatang dalam akitab, setelah itu kumpulkan. Lalu sediakan beberapa gulungan kecil nama binatang, dan cabut gulungan tersebut dan nama binatang yang telah tertulis di dalamnya nilai.

o   Renungan              : Binatang pun tak ada ketinggalan namanya apalagi kita anak-anak yang dikasihi-Nya.

o   Ayat hafalan         : Yesaya 34:16

o   Nyanyi dan Doa    : Cari lagu yang bersyair Binatang.

  1. Susun Ayat
o   Tujuan                   : Membantu anak menghafal ayat-ayat Alkitab
o   Peserta                   : Kelas Tengah, Besar
o   Bahan                    :Pilihlah 2-3 ayat Alkitab. Kemudian tuliskan ayat tsb pada potongan-potongan kertas KATA per KATA (satu kata untuk satu potongan kertas). Buatlah beberapa set sejumlah kelompok.
o   Cara bermain         : Anak diminta untuk menyusun ayat Alkitab dari potongan-potongan kertas yang disediakan dengan urutan yang benar. Bagilah anak dalam beberapa kelompok. Permainan dimulai dengan membagikan 1 set potongan KATA kepada setiap kelompok. Setelah diberi aba-aba, setiap kelompok mulai menyusun potongan-potongan KATA menjadi satu ayat yang utuh. Kelompok yang pertama kali selesai mendapat nilai 100; kedua: 50; ketiga: 25. Setelah selesai dinilai, dapat dilanjutkan dengan ayat yang lain.
  1. Yesus Berkata
o   Tujuan                   : Mengajarkan anak untuk mendengarkan perintah Tuhan dan tidak menuruti suara lain.
o   Peserta                   : Kelas Tengah / Besar
o   Cara bermain         : Permainan ini sangat mudah dilakukan dan tanpa membutuhkan persiapan bahan. Semua anak harus mendengarkan perkataan guru dengan baik. Jika guru mengeluarkan perintah yang dimulai dengan kata "Yesus berkata…" maka anak-anak harus melakukan perintah itu. Sebaliknya jika perintah guru tanpa kata "Yesus berkata…" maka anak-anak tidak boleh melakukan perintahnya. Yang salah dapat "dihukum" atau "dipenjarakan" di satu tempat. Contoh perintah : Yesus berkata "angkat tangan kananmu"; "turunkan"; "Yesus berkata pegang hidungmu"; "tutup mata"; "tangan di atas meja".
  1. Burung, Ikan, atau Binatang
o   Peralatan              : Tidak ada
o   Jumlah Pemain    : Bebas
o   Tujuan                   : Melatih kecerdasan, Melatih kecepatan/daya refleks

o   Cara Bermain        : Semua duduk melingkar di lantai dan seorang anak di tengah. Anak yang ditengah menunjuk salah seorang di lingkaran dan berkata, "Burung, ikan, atau binatang." Misalnya dia berkata, "Burung!" anak yang ditunjuk tadi harus cepat mencari nama burung dan mengatakannya. Bila ia tidak dapat mengatakannya setelah anak yang di tengah menghitung sampai empat, maka ia harus ganti maju ke tengah, berusaha menangkap orang lain. Nama yang pernah disebut tidak boleh diulangi. 

20 komentar:

  1. Thank's smoga dpt dilakukan amin. TYM

    BalasHapus
  2. Puji Tuhan ,, sangat menunjang sy dlm pelayanan GSM...

    BalasHapus
  3. Sangat Membantu. Terimakasih Banyak Tuhan Berkati

    BalasHapus
  4. Terimakasih Telah Membantu.
    GBU

    BalasHapus
  5. Terima kasih... dengan adanya bahan mengajar ini saya sebagai guru sekolah Minggu terbantu. Tuhan Yesus Memberkati kita semua..... Amin

    BalasHapus
  6. Terima kasih,sangat membantu, Tuhan Yesus memberkati πŸ™

    BalasHapus
  7. Terimakasih sahabat tuhan , sangat membantu dalam ibadah gatris kami

    BalasHapus
  8. Sangat membantu kak.
    Makasih.. Gbu.

    BalasHapus
  9. Sangat membantu...
    Terima Kasih, Tuhan Yesus memberkati

    BalasHapus
  10. SANGAT POLL MEMBANTU THANKS :)
    YESUS MEMBERKATI πŸ˜‡

    BalasHapus
  11. Toko Mesin Murah · Jual Mesin · Susu Listrik · Portal Belanja Mesin Makanan, Pertanian, Peternakan & UKM · CP 0852-576-888-55 / 0856-0828-5927

    BalasHapus
  12. Trimakasih buat game nya sangat membantu.

    BalasHapus
  13. Makna dari susun ayat itu apa

    BalasHapus
  14. Halo kak, artikelnya menarik dan menginspirasi cek website kami juga kak Keyword

    BalasHapus
  15. Halo kak, artikelnya menarik dan menginspirasi cek website kami juga kak Tempat les yang bagus untuk anak sd

    BalasHapus

Kumpulan Bahan Mengajar Sunday School

BAHAN MENGAJAR ANAK SEKOLAH MINGGU KELAS BATITA (3 TAHUN) I. MINGGU PERTAMA Thema : JANJI DATANGNYA SEORANG RAJA (Mikha 5 : ...